Tagging Foto Offline

Wilujeng Enjing baraya, dulur, rerencangan sadaya!

Kali ini saya mau sedikit mengulas sebuah software untuk bermain-main dengan gambar/foto. Aplikasi ini khusus untuk Microsoft Windows 7, tapi bisa juga digunakan pada Windows XP. Download web-installernya sekaligus ulasan singkat resminya di sono, hehe.

Ulasan saya memang baru pertama kali, tapi yang saya ingin share di sini adalah kemampuan khusus yang jarang ada pada aplikasi pengolah gambar pada umumnya. Apa itu? Face Recognition alias photo tagging.
Secara bahasa face recognition adalah teknologi pengenal wajah. Fitur ini biasa terdapat pada jejaring sosial terkenal macam Facebook. Fitur ini berguna untuk menandai wajah orang pada sebuah foto, sehingga dapat menjadikan orang langsung mengetahui siapa nama-nama orang di foto itu.

Contoh Penggunaan fitur tagging (perhatikan, gambar wajah pada uang kertas pun ikut di tag sebagai wajah)

Nah fitur online ini menurut pengalaman saya beberapa tahun memiliki akun facebook cukup berguna. Sekarang fitur ini tersedia secara offline lewat aplikasi Windows Live Essentials - Photo Gallery. Berhubung saya menggunakan Windows 7, jadi tidak ada masalah dalam penginstallan. Saya belum coba di XP, mungkin harus mendownload stand-alone installernya sekaligus ulasan dalam bahasa Inggrisnya di alamat ini. Bukan alamat palsu lho, ahahaa (Ayu Ting-Ting fever :))

Saya menyarankan aplikasi ini bagi anda yang:
1. Memiliki banyak koleksi foto teman, sahabat, keluarga dll
2. Narsis
3. Ingin merapikan dan mengorganisir koleksi foto anda (meski di dunia nyata berantakan, seperti saya :D)
4. Mencoba teknologi baru Face Recognition (seperti di Facebook atau Photofunia))

Mengapa? Fitur yang satu ini meskipun tidak menonjol, tapi sangat berguna, misalnya untuk menemukan seseorangcukup ketik namanya di halaman yang ada, maka semua foto yang di tag namanya akan segera muncul! hebat!

Namun, namanya teknologi baru masih ada kekurangannya. Misalnya pada screenshot berikut:
Pada daftar orang yang akan di tag, sistem mengenalnya sebagai satu orang karena posisi wajahnya yang sama (dari sudut pandang kamera) hahaha

Jadi, thats all. Intinya kita dapat mengorganisisr foto dengan lebih mudah menggunakan face recognition, meskipun dibutuhkan usaha dan waktu yang tidak sebentar pada awal penggunaan.


Update!
Google memiliki fitur serupa dalam aplikasi Picasa. Namun saya sarankan agar anda memilih HANYA salahsatu software untuk tagging foto anda. Mengapa? Karena ternyata saat saya gunakan bersamaan, atau tag di Photo Gallery, kemudian di Picasa, maka tag akan hilang dan sering error. Kemungkinan karena perbedaan algoritma didalam pendeteksian wajah.
Mana yang lebih baik? Menurut saya pribadi ada kelebihan dan kekurangannya.
Picasa: Tagging Mudah, menarik, Kompatibel dengan Google +, lebih ringan. Namun tidak ada fitur "Top Ten" alias orang terbanyak fotonya (baca=narsis). Deteksi wajah yang akurat dan cepat dari banyak foto sekaligus. Pengelompokkan wajah orang yang sama.
PhotoGallery: Sederhana, akurat dalam deteksi wajah. Namun boros memory.

Update lagi!
Silakan cek perbandingan yang lebih mendalam antara Photo Gallery, Picasa dan iPhoto di sini

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

jatzio

Nova Sophia