Kontes Ayam Pelung 2013


Kontes Ayam Pelung 2013 diselenggarakan oleh Kelompok Profesi Ternak Unggas, pada hari Mnggu, 1 September 2013 di Plaza Fakultas Peternakan.

Ayam pelung adalah ras ayam lokal unggul dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Berbeda dengan kebanyakan biakan ayam yang diseleksi untuk penampilan fisik, ayam pelung diseleksi karena suara kokokannya yang panjang dan memiliki lagu. Tentu saja hanya ayam jantan yang memiliki sifat ini.
Ukuran ayam ini relatif besar dengan bulu yang berkilau. Tidak ada standar khusus untuk fisik, tetapi telah ada standar bagi alunan suara kokokan. Ayam dewasa berukuran 5-6 kg dengan tinggi 40-50 cm.
Penangkar dan pemulia pertama ayam ini adalah seorang petani dan tokoh agama dari Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, bernama H. Djarkasih (Mama' Acih). Ia memulai penangkaran sejak tahun 1850 dengan mengambil seekor ayam jantan muda yang diamatinya memiliki kokokan lebih panjang daripada yang lainnya. Penangkaran dilakukan pertama kali dengan mengawinsilangkan dengan ayam betina biasa. [1].
Kontes dan lomba ayam pelung telah menjadi kegiatan rutin bagi penggemar-penggemar fanatiknya. (Wikipedia)

Nah, sebagai bentuk apresiasi untuk menjaga, melestarikan dan mempertahankan plasma nutfah Ayam Pelung sebagai aset Jawa Barat, maka dilaksanakanlah acara tahunan Kontes Ayam Pelung. Ada tiga kategori dalam Kontes Ayam pelung ini, yaitu Performance (Penampilan), Bobot Badan dan Suara.
Disediakan hadiah menarik bagi 20 Juara dan berbagai doorprize bagi peserta kontes Ayam Pelung. So, dont miss it!
Tunggu update berikutnya dari KPTU untuk pengumuman juara dan dokumentasi Acaranya... Stay tuned.


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

jatzio

Nova Sophia